Waspada Cuaca Buruk, BPBD Imbau Masyarakat Hindari Daerah Rawan

oleh
oleh

BELITUNGbelitonginfo.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Agus Supriadi mengimbau masyarakat agar menghindari daerah yang berpotensi rawan bencana, Senin (9/1/2023).

Hal ini karena cuaca yang saat ini masih tidak stabil. Bahkan kerap kali Belitung dilanda hujan deras yang disertai angin kencang.

“Sekarang memang musim cuaca yang dak menentu/pancaroba, baik angin maupun hujan. Dan kalau curah hujan cukup deras disertai posisi pasang tertinggi, Kadang-kadang terjadi genangan di beberapa titik tertentu,” kata Agus.

Karena itu, BPBD mengimbau agar masyarakat dapat lebih berhati-hati. Dan ia juga menjelaskan, jika cuaca yang kurang bersahabat ini bukan hanya di Belitung. Tetapi juga terjadi di hampir seluruh daerah di Indonesia.

“Memang kita selalu memberikan imbauan kepada masyarakat dengan menghadapi cuaca ini, pertama hindari daerah-daerah yang berpotensi ada kerawanan-kerawanan terhadap pengaruh cuaca ini,” ujar Agus.

“Misalnya daerah-daerah wisata yang punya banyak pohon tinggi yang sudah dak aman, hindari,” lanjutnya.

Cuaca Buruk Hingga Akhir Januari

Ia juga meminta kepada nelayan agar mengurangi intensitas ke laut.

Lebih lanjut, Agus juga mengatakan, keadaan cuaca yang kurang bersahabat ini kemungkinan akan terjadi sampai akhir Januari.

Sementara untuk waspada bencana dari keadaan saat ini, kata Agus adalah banjir rob yang terjadi karena arus pasang air laut ditambah hujan deras.

Waspada bencana banjir rob lebih mengarah ke daerah bibir pantai atau pesisir.

“Kemudian juga titik genangan. Titik genangan ini seperti di Kampung Parit, atau di Cerucok,” pungkasnya.

Baca Juga : Tenggelam, 10 Awak KM Mekar Jaya Beruntung Selamat


Ayo. Yang. Mau. Kepo. Dengan. Perkembangan. Berita TerbaruBerita TerkiniBerita Hari ini dan Berita Viral lainnya di belitonginfo.com Dapat Mengklick Link. Di. Bawah. Ini :

Facebook. (Dengan. Kamu. Mengklick. Link. ini. Kamu. Akan. Masuk. ke Facebooknya. belitong. Info) Ayo Klik Sekarang Juga.

Atau Kamu Juga Dapat Melihat Instagram Kami atau bisa mengunjungi Google News Kami.

Kami Juga Ada Channel Youtube Untuk Melihat. Berita. kami Secara Visual Ayo Sekarang Juga Bergabung Bersama Kami