Museum Maritim Jadi Tempat Upacara Hari Guru 2022

oleh
oleh

BELITUNGbelitonginfo.com – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) k-77 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2022, menyongsong tema “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar” berlangsung di halaman Museum Maritim, Jumat (25/11/2022).

Pada upacara tersebut, Bupati Sahani Saleh (Sanem) selaku Inspektur Upacara (Irup) menyampaikan, kemajuan dari suatu bangsa tergantung pada guru dan murid yang juga harus menghormati guru.

Menurut Sanem, pemerintah juga berupaya untuk menuntut secara profesional kepada para guru dan juga pemerintah memperhatikan kesejahteraan mereka.

“Guru juga mungkin harus dikerahkan ada yang ke desa terpencil maupun ke kota-kota, itu juga harus diperhatikan, disamping memang kewajiban utama pihak pemerintah dalam hal pendidikan. Tapi di sisi lain juga, ada keterkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) untuk mendapatkan pendidikan, yakni mereka wajib untuk pintar maupun cerdas,” kata Sanem.

Bupati Sahani Saleh (Sanem) Saat Menjadi Inspektur Upacara (Irup)

Dalam memperingati Hari Guru, Sanem mengatakan, akan senantiasa mengevaluasi, menyerap aspirasi. Tetapi juga harus mengutamakan sektor pendidikan.

“Kita secara otomatis akan mengutamakan sektor pendidikan, guna mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tercantum dalam UUD 1945. Ilmu yang ada harus dibagi serta juga harus tetap semangat,” tungkasnya.

Peringatan Hari Guru Menurut Kepala Dinas Pendidikan

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Belitung, Soebagio mengharapkan adanya suatu perubahan nilai-nilai. Di mana kebijakan pemerintah pusat transformasi dalam hal dunia pendidikan bisa berjalan.

Menurutnya, semangat para guru sudah kembali normal setelah berada pada lingkup pelaksanaan program pendidikan pada pandemi Covid-19.

“Sehingga kita melihat antusias dari mereka yang memang kembali pada tanggung jawab dedikasi seorang pendidik, yang tentunya dalam mencerdaskan siswa,” ujar Soebagio.

Sementara itu, Soebagio juga mengatakan, nilai-nilai kebersamaan dan tanggungjawab harus selalu tertanam dan harus berjalan untuk menjadi seorang pendidik.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung, Soebagio

Kemudian, Soebagio juga berpesan agar para guru yang merupakan pahlawan dalam proses menjadi patriot bangsa untuk mencerdaskan anak-anak bangsa untuk terus berpegang teguh pada komitmen dan juga meningkatkan rasa tanggung jawab.

“Karena seorang pendidik, yakni guru merupakan profesi yang sangat mulia. Walaupun tanpa tanda jasa, tetapi pahala yang akan mereka dapatkan. Karena ada nilai-nilai agama untuk profesi guru. Tanggung jawab itu tidak perlu diminta, kemudian kedisiplinan itu tidak perlu diperlihatkan karena itu semua sudah otomatis ada pada jiwa seorang guru,” tandasnya. (AN)

Baca Juga : Kapal Pesiar Bawa Puluhan Wisatawan Mancanegara Ke Belitung


Ayo Yang Mau. Kepo Dengan Perkembangan. Berita TerbaruBerita TerkiniBerita Hari ini dan Berita Viral lainnya di belitonginfo.com Dapat Mengklick Link. Di. Bawah. Ini :

Facebook. (Dengan Kamu Mengklick. Link. ini. Kamu. Akan. Masuk. ke Facebooknya belitong. Info) Ayo Klik Sekarang Juga.

Atau Kamu Juga Dapat Melihat Instagram Kami atau bisa mengunjungi Google News Kami.

Kami Juga Ada. Channel. Youtube. Untuk. Melihat. Berita. kami Secara Visual Ayo Sekarang Juga Bergabung Bersama Kami