Baznas Belitung Distribusikan Modal Untuk 22 Pelaku UMKM, Bisa Dapat 2 Juta

oleh
oleh

BELITUNGbelitonginfo.com – Penyerahan bantuan modal usaha bagi pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dilakukan secara simbolis kepada 22 pelaku UMKM, area halaman Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung, Jumat (11/11/2022).

Ketua Baznas Kabupaten Belitung, Firmansyah menyampaikan, program Belitung Makmur dari Baznas ini sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19 dan kurangnya tenaga pendamping.

“Pada periode yang lalu memang belum maksimal dilakukan, karena adanya Covid-19 dan kurangnya tenaga pendamping yang membuat belum berani menyalurkan bantuan itu,” kata Firmansyah.

Menurutnya, tahapan untuk pelaku UMKM mendapat bantuan, yakni mereka mengajukan dulu persyaratan yang sudah oleh Baznas atur. Kemudian kalau sudah lengkap, Baznas akan melakukan survey. Setelahnya, mereka akan rapat pimpinan untuk menentukan nominalnya.

“Apakah memang layak dibantu dan sudah sesuai dengan asnaf (golongan penerima zakat). Ada yang dapat 1,5 juta dan ada yang 2 juta,” tungkasnya.

Menurutnya, ini merupakan uji coba dulu untuk melihat masyarakat mampu atau tidaknya dalam mengelola bantuan dari Baznas. Dan kemudian, apabila berjalan lancar, mereka akan meningkatkan bantuan ini.

“Kita percobaan dulu untuk melihat masyarakat mampu atau tidaknya kalau dikasih segini untuk mengelola. Nanti kalau memang berhasil akan ditambah lagi. Dan juga pentingnya pendampingan agar mereka semangat juga ada motivasi jugaa,” jelasnya.

Selanjutnya, Firmansyah membeberkan, Baznas saat ini fokus pada program Belitung Makmur, untuk bantuan para UMKM. Bukan hanya UMKM, tetapi juga akan diperluas skupnya, seperti teknik dan perkebunan.

Selain itu, Firmansyah juga mengatakan, ada empat pendamping, yang masing-masing mendampingi 5-7 orang.

Untuk itu, Ketua Baznas Kabupaten Belitung juga berharap bisa memotivasi kepercayaan muzakki (orang yang menunaikan zakat) dan bekerja sama untuk membantu mustahiq (orang yang berhak menerima zakat).

Sekda : Ini Sosialisasi Yang Bermanfaat

Senada dengan itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung, Hendra Caya juga berharap dengan program Baznas untuk pemberdayaan masyarakat. Menurutnya, ini juga sebagai sosialisasi yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para mustahiq.

“Kita berharap ini tidak muluk-muluk untuk tetap semangat. Kita dukung kolaborasi dan kita lebih berdayakan Baznas ini sesuai tugas dan fungsinya sebagai pengumpul zakat di seluruh Indonesia yang bisa memberikan manfaat kepada mustahiq,” beber Hendra

“Dan juga berharap dalam memberdayakan mustahiq, bisa membuat mustahiq menjadi muzakki,” tandasnya.

Pemberian itu berupa materi, dan rompi UMKM binaan Baznas untuk pedagang yang keliling, serta spanduk mitra Baznas untuk yang sudah memiliki stand. (AN)

Baca Juga : Nelayan Manggar Yang Sempat Hilang Akhirnya Ditemukan Selamat


Ayo Yang Mau. Kepo Dengan Perkembangan. Berita TerbaruBerita TerkiniBerita Hari ini dan Berita Viral lainnya di belitonginfo.com Dapat Mengklick Link. Di. Bawah. Ini :

Facebook. (Dengan Kamu Mengklick. Link. ini. Kamu. Akan. Masuk. ke Facebooknya belitong. Info) Ayo Klik Sekarang Juga.

Atau Kamu Juga Dapat Melihat Instagram Kami atau bisa mengunjungi Google News Kami.

Kami Juga Ada. Channel. Youtube. Untuk. Melihat. Berita. kami Secara Visual Ayo Sekarang Juga Bergabung Bersama Kami