Wakil Ketua Komisi IV DPRD Babel Respon Kekerasan Guru Yang Viral di Belitung

oleh
oleh
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Babel Respon Kekerasan Guru Yang Viral di Belitung

BELITUNG, belitonginfo.com РTokoh Perempuan Babel yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) Hellyana SH ikut mengomentari kasus dugaan tindak kekerasan guru tampar murid yang terjadi di Sekolah Dasar (SD) Negeri 33 Tanjungpandan, Rabu (17/8/2022).

Ia menilai kasus tindak kekerasan kepada murid sekolah dasar itu telah mencoreng dunia pendidikan di Negeri Serumpun Sebalai.

“Adanya kasus kekerasan tersebut, tentunya sudah mencoreng dunia pendidikan kita dan ini persoalan serius, ini tentu harus kita sikapi bersama-sama,” katanya kepada awak media.

Lebih lanjut ia katakan, anak-anak adalah aset dan generasi penerus masa depan Bangsa oleh sebab itu harus mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan baik.

“Namun apapun alasannya tidak boleh dibenarkan tindak kekerasan tersebut. Orang tua menitipkan anaknya untuk di didik sehingga memiliki akhlak yang baik, bukan malah sebaliknya,” tegas Politisi PPP tersebut.

Menurutnya, tindak kekerasan yang terjadi tersebut merupakan tamparan bagi dunia pendidikan. Di mana pendidik yang sudah memiliki sertifikat dan pelatihan kurikulum terbaru namun secara mental ternyata belum siap.

“Jangankan di tampar menggunakan kata-kata kasar saja, bisa mengganggu pisikis anak dan bisa menimbulkan trauma. Tentu ini harus menjadi pembelajaran kita bersama,” tukasnya.

Hellyana Minta Pelaku Mendapat Sanksi

Hellyana menilai, dalam dugaan kasus kekerasan ini ada aturan hukum yang sudah dilanggar. Untuk itu aparat penegak hukum dapat memproses kasus tersebut dengan asas praduga tak bersalah.

Ia menambahkan, apapun keputusan yang diambil oleh kedua belah pihak baik dari orang tua korban atau penyesalan yang sudah dilakukan oleh oknum guru tersebut harus tetap di hormati.

“Kita harus menghormati apapun keputusan yang sudah diambil. Silahkan berproses, namun kita berharap diselesaikan dengan restorative justice tetapi efek jera harus tetap dijalankan,” harapnya.

Lanjutnya menggantakan, beruntung peristiwa tindak kekerasan itu tidak terjadi saat pelaksanaan kegiatan G20 yang mana jika berita ini terdengar di momen tersebut gimana tanggapan dunia tentang Belitung.

“Kedepan, pembelajaran dari peristiwa dan budaya ini harus kita diperbaiki bersama begitu juga budaya-budaya lain yang juga harus kita di cermati,” ajaknya.

“Saya juga sebagai ketua Bapemperda akan menyampaikan kinerja Pemerintahan Provinsi tentang Perda No 10 tahun 2018 soal perlindungan anak. Insaallah nanti akan kami laksanakan pada Minggu (21/8) di lokasi vania fitnes,” tutupnya.


Ayo Yang Mau. Kepo Dengan Perkembangan. Berita belitonginfo.com Dapat Mengklick Link. Di. Bawah. Ini :

Facebook. (Dengan Kamu Mengklick. Link. ini. Kamu Akan Masuk. ke Facebooknya belitong. Info) Ayo Klik Sekarang Juga.

Kami Juga Ada Channel Youtube Untuk Melihat Berita kami Secara Visual