, , , , , ,

Distangan Lakukan Sosialisasi Penanganan PMK

oleh
oleh

BELITUNG TIMUR, belitonginfo.com РAntisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak kuku belah, Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) gelar sosialisasi kepada Petugas Penyuluh Lapangan (PPL).

Sosialisasi tersebut juga melibatkan pihak Polres Beltim melalui Satuan Bina Masyarakat (Satbinmas). Yang bertempat di ruang rapat Distangan Kabupaten Belitung Timur, Rabu (18/5/2022).

Plh Kepala Distangan Heryanto mengatakan pentingnya sosialisasi PMK pada hewan kuku belah. Karena dapat menimbulkan dampak kerugian ekonomi yang cukup besar bagi peternak dan pedagang, salah satunya ternak sapi.

“Meski tingkat kematian rendah, namun apabila ternak sudah tertular dan menjadi wabah akan menimbulkan kerugian ekonomis yang cukup besar karena penyebarannya mudah, cepat dan luas. Ini yang kita khawatirkan dan berupaya kita kendalikan,” ujar Heryanto kepada belitonginfo.com, Rabu (18/5/2022).

Oleh karena itu, Heryanto menambahkan bahwa pengetahuan bagi PPL terhadap PMK juga perlu mendapatkan peningkatan. Sehingga deteksi awal munculnya penyakit tersebut dapat terantisipasi. Karena PPL sebagai ujung tombak di lapangan di harapkan proaktif dengan cara turun langsung ke kandang ternak yang menjadi wilayah kerjanya.

“Hari ini kita mengumpulkan PPL karena mereka merupakan ujung tombak. Hasilnya kemudian di laporkan kepada dinas dan apabila memerlukan tindakan lebih lanjut terhadap hasil pemantauan tadi. Dinas sudah punya target dalam artian untuk memperkecil ruang lingkup pengendalian,” jelasnya.

Ia melanjutkan, keterlibatan kepolisian dalam hal ini Polres Beltim juga merupakan bentuk sinergitas karena isu PMK merupakan isu nasional dan memerlukan penanganan sesegera mungkin.

“Sosialisasi juga melibatkan dari kepolisian karena sudah menjadi isu nasional. Mereka sudah prokatif bekerjasama untuk ikut dalam tindakan pengendalian ini,” tutupnya.


Ayo yang mau Kepo dengan perkembangan berita belitonginfo.com dapat mengklick link di bawah ini :

Facebook (dengan kamu mengklick link ini, kamu akan masuk ke Facebooknya belitong info) ayo klik sekarang juga

Kami juga Ada Channel Youtube Untuk melihat berita kami secara visual.

No More Posts Available.

No more pages to load.