, , , , , ,

Banyak Tidak Tau, Taufik Mardin Jelaskan Fungsi Perda Lansia Ke Masyarakat

oleh
oleh

BELITUNG, belitonginfo.com РAnggota DPRD Bangka Belitung Taufik Mardin menjelaskan adanya Peraturan Daerah (Perda) Bangka Belitung tentang Pelayanan Bagi Lanjut Usia (Lansia) yang tertuang pada Perda Nomor 05 Tahun 2016, Senin (18/4/2022).

Hal ini Taufik Mardin jelaskan ketika Penyebarluasan Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Nomor 05 Tahun 2016 tentang Pelayanan Bagi Lanjut Usia. Bertempat di Hotel Grand Tropical Village.

“Selama ini perda ini masih tanda tanya bagi kita sampai sejauh mana eksekusi dampak ke masyarakat, dengan keberadaan Perda ini,” ujar Taufik Mardin.

Menurut Taufik Mardin, tujuan Pelayanan bagi lanjut usia dimaksudkan untuk mengatur tugas dan tanggung jawab antar pemerintah daerah, masyarakat, dunia uaha dan keluarga dalam memberi pelayanan bagi lanjut usia yang dilaksanakan secara sistematis sehingga kesejahteraan sosial bagi lanjut usia dapat diwujudkan secara optimal.

Jenis pelayanan bagi lanjut lanjut usia meliputi jenis pelayanan seperti Pelayanan keagamaan dan mental spritual, Pelayanan kesehatan, Pelayanan kesempatan kerja.

Kemudian ada juga Pelayanan pendidikan dan pelatihan. Pelayanan untuk mendapatkan kemudahan dalam penggunaan fasilitas, sarana dan prasarana umum serta pelayanan sosial.

Oleh karena itu, jika ada sesuatu yang kurang maka mereka akan melakukan evaluasi sejauh mana eksekusi Perda itu di masyarakat. Sampai sejauh mana Pemprov Babel melalui Gubernur mengintruksikan OPD nya untuk melaksanakan itu.

Banyak Masyarakat Belum Tau, Ini Kesempatan Agar Perda Berjalan

Sebab, banyak masyarakat belum mengetahui tentang adanya Perda itu, jangan sampai terlalu banyak memproduksi produk hukum, namun secara kualitas juga menjadi perhatian bersama. Sehingga jangan sampai Perda itu tidak berjalan.

“Kita mengajak kawan-kawan di Bapemperda untuk evaluasi ini, terutama Perda yang berkaitan ke masyarakat,” tegasnya.

Taufik melanjutkan, urusan lansia merupakan hal sangat luar biasa. Sebab eksekusi sangat masyarakat harapkan untuk mengurusi lansia. Apabila ekonomi mereka kurang baik, tentunya bagaimana agar lansia itu tidak menjadi beban keluarga lainnya.

“Ini yang menjadi perhatian kita, kita coba menyisihkan dari APBD kita untuk mereka lansia. Tapi secara fisik dan ekonomi keluarganya lihat dulu layak apa tidaknya,” tandasnya.


Ayo yang mau Kepo dengan perkembangan berita belitonginfo.com dapat mengklick link di bawah ini :

Facebook (dengan kamu mengklick link ini, kamu akan masuk ke Facebooknya belitong info)

No More Posts Available.

No more pages to load.